Cerita warga pulau terpencil sebelum dan saat terjadi Tsunami Selat Sunda

Nurmelis sedang menonton TV pada Sabtu malam di rumahnya di Pulau Sebesi, salah satu dari beberapa pulau kecil yang tersebar di sekitar Selat Sunda, yang terletak di antara pulau-pulau besar di Indonesia, Jawa dan Sumatra, ketika laut mulai bergolak.

"Saya mendengar deburan ombak di pantai tetapi terdengar lebih keras dari biasanya, jadi saya pergi keluar untuk melihatnya," kata ibu rumah tangga berusia 38 tahun itu.

"Begitu aku melihat gelombang kedua datang, aku tahu itu adalah tsunami. Jadi, aku hanya berbalik dan berlari ke pegunungan."

Nurmelis benar.

Kurang dari 20 km dari Pulau Sebesi, letusan terbaru Anak Krakatau - sebuah pulau vulkanik aktif yang telah memuntahkan abu dan lava selama berbulan-bulan - menyebabkan tanah longsor bawah air yang secara luas diyakini telah memicu tsunami yang kuat.

Beberapa menit setelah tanah longsor, gelombang raksasa menghantam garis pantai provinsi Banten dan Lampung, masing-masing di Jawa dan Sumatra, menewaskan lebih dari 400 orang dan menghancurkan ratusan rumah di tepi pantai, hotel dan tempat-tempat bisnis lainnya.

Di gunung tanpa makanan

Di Pulau Sebesi, rumah bagi sekitar 3.000 orang, Nurmelis dan suaminya yang berusia 42 tahun, Faisal, takut untuk pulang ke rumah sehingga mereka tinggal di gunung tanpa makanan sampai hari Senin, hingga akhirnya tentara dan tim penyelamat lainnya tiba dengan membawa persediaan makanan.

Pada hari Selasa, pasangan itu diizinkan pulang sebentar untuk mengambil beberapa barang sebelum tentara memulai evakuasi penduduk lokal ke Desa Cantik, sebuah pelabuhan desa di Lampung Selatan.

Ketika Nurmelis dan Faisal melakukannya, mereka mendapati bahwa rumah mereka dipenuhi pasir dan batu.

Asih, warga Pulau Sebesi lainnya, tertidur di rumah ketika tsunami melanda pada Sabtu malam. Dia terbangun oleh suara ombak. "Saya meraih anak perempuan saya yang berumur dua tahun dan berlari," katanya. "Aku bahkan tidak mengunci pintu."

Ibu Asih, Rohaya, bergabung dengan mereka ke daerah pegunungan di pulau di mana kedua wanita itu membuat tenda yang belum sempurna menggunakan terpal yang mereka temukan dibuang di hutan.

Mereka juga tidak makan apapun sampai hari Senin ketika tentara memberi mereka ransum mie instan yang harus mereka masak menggunakan air yang disediakan dari termos.

'Langit gelap'

Sargent Tukijan, seorang perwira tentara, membantu mengoordinasikan evakuasi dari Pulau Sebesi.

"Kami berencana untuk membawa sekitar 400 orang dan akan mengirim lima kapal ke Pulau Sebesi. Ini adalah yang pertama," katanya, Selasa.

"Kami tidak bisa memastikan kapan evakuasi akan selesai karena kami harus memantau cuaca dan status gunung berapi."

Dengan Anak Krakatau masih meletus, ada kekhawatiran bahwa gunung berapi dapat menyebabkan tsunami lain - sesuatu yang dirasakan Rohaya adalah kemungkinan yang kuat.

"Saya lahir di Pulau Sebesi dan saya belum pernah melihat gunung berapi seperti ini. Masih meletus dan langit gelap," katanya, seraya menambahkan bahwa dia percaya bahwa ini adalah pertanda buruk.

"Terakhir kali aku dengar dari putraku '
Dengan sabar menunggu di pantai di Desa Cantik adalah Hidayat, 58, yang berharap putranya, Hery, akan berada di kapal evakuasi. Dia terakhir berbicara kepada wanita berusia 34 tahun itu pada Sabtu malam setelah tsunami melanda.

"Aku benar-benar baru saja kembali dari Pulau Sebesi ketika aku pergi mengunjunginya. Tapi dia harus bekerja di perkebunan cokelatnya pagi-pagi berikutnya jadi aku pulang pada hari Sabtu sore.

"Ketika saya mendengar ada tsunami, saya tidak bisa berkata apa-apa. Kemudian, dia memanggil saya untuk mengatakan bahwa rumahnya telah dipukul dan semuanya hilang. Itulah yang terakhir saya dengar darinya," katanya kepada Al Jazeera.

"Aku tidak bisa menghubungi teleponnya jadi aku tidak tahu apa yang terjadi setelah itu," katanya.

Hidayat telah bertanya kepada para pengungsi tentang putranya dan mengatakan ada kemungkinan penampakannya juga bersembunyi di pegunungan. "Aku berharap dia aman dan aku akan segera menemuinya," katanya.

"Aku tidak tahu mengapa dia tidak di atas kapal."

Terlalu lemah untuk berjalan

Pada Selasa sore, jumlah korban mencapai 429, dengan 1.485 orang terluka dan 154 hilang, kata Sutopo Nugroho, juru bicara badan mitigasi bencana nasional.

Menurut badan tersebut, lebih dari 16.000 orang kini mengungsi akibat tsunami, termasuk penduduk Pulau Sebesi yang dievakuasi.

Setibanya di Desa Cantik, beberapa di antara mereka sangat lemah karena kekurangan makanan sehingga mereka harus dibawa dari kapal penyelamat kayu reyot dengan tandu. Beberapa runtuh begitu mereka mencapai pusat krisis.

Sekarang, yang bisa mereka lakukan adalah menunggu di kamp sementara sampai mereka merasa aman untuk pulang.

Namun, untuk saat ini, banyak yang senang keluar dari bahaya - tidak pernah merasakan kemarahan Anak Krakatau dalam kehidupan mereka.

"Itu luar biasa," kata Faisal kepada Al Jazeera tentang malam letusan dan tsunami. "Bahkan airnya terbakar."

COMMENTS

Like On Facebook

Name

Agama,10,Android,8,aplikasi,4,Apotik Hidup,8,apple,6,Artikel Bahasa Inggris,2,Artikel Kesehatan,6,Artikel Medis,6,Artikel Wanita,5,Asmara,18,Asus,4,Automotif,18,Bisnis,4,bisnis internet,2,Blogging,3,buah-buahan,2,Donald Trump,6,Drink and Food,5,En,19,Featured,17,Football,3,Foto News,3,Gadget,175,Galeri,2,Gaya Hidup,15,google,2,Google Pixel,1,Huawei,2,Inspirasi,4,Internasional,159,internet,3,Internet,5,iOS,3,Israel,28,kabar gadget,23,Kata-kata,2,Kecantikan,33,kecelakaan,1,Kesehatan,78,Komputer,3,Korea Selatan,1,Korea Utara,2,Kuliner,2,laptop,1,lenovo,4,Lifestyle,7,Luar Negeri,48,Makalah,2,media sosial,4,Militer,40,MIUI,1,MotoGP,2,MP3,10,muslim,3,Myanmar,3,narkoba,5,Nasional,28,News,94,nokia,9,Olahraga,64,OnePlus,5,oppo,2,Padangsidimpuan,121,Palestina,20,Pantun,18,PBB,3,Peristiwa,4,polisi,4,Rohingya,3,Samsung,8,Seksualitas,7,Selebrity,8,sidimpuan,15,Software,1,Sony,2,spesifikasi,9,Suriah,4,tablet,2,tapsel,1,Tekno,46,tekno komputer,2,terorisme,2,tips dan trik,5,tips kecantikan,2,Tourist and Nature,6,Turki,1,Unique,45,whatsapp,2,Xiaomi,11,Yaman,1,Yerusalem,4,
ltr
item
Sidimpuan Online: Cerita warga pulau terpencil sebelum dan saat terjadi Tsunami Selat Sunda
Cerita warga pulau terpencil sebelum dan saat terjadi Tsunami Selat Sunda
Sidimpuan Online
true
6932582803900874944
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy